• Program Kemandirian Ekonomi Kreatif (Pendaftaran Gratis)

  • Peternakan Ayam Petelur

  • Penggemukan Kambing Domba

  • Agrobisnis Hortikultura

  • Pertanian & Peternakan Terpadu

Copyright 2017 - SB-Nusantara

Program Kemandirian Ekonomi Kreatif ini dimotori oleh PT. MULTI SARANA PRAMADITA dan CV. SAHABAT BRILLIANT, yang mana kedua perusahaan tersebut memiliki keterkaitan yang saling membutuhkan dan memiliki tanggung jawab masing-masing.

Adapun pembagian tanggung jawab pelaksanaannya yaitu :

A. PT. MULTI SARANA PRAMADITA

  1. Bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pembangunan kandang, pengadaan isi kandang dan sarana lainnya. Adapun dalam pelaksanaannya, PT. MULTI SARANA PRAMADITA dapat menunjuk subcont untuk pengerjaan kandang tersebut.
  2. Bertanggung jawab dalam pemeliharaan kandang yang telah dibangun di tempat para mitra.

B. CV. SAHABAT BRILLIANT

  1. Bertanggung jawab dalam operasional program yaitu mulai dari penyediaan pakan, obat-obatan ternak, pengelolaan hortikultura, hingga ketarap penjualan.
  2. Bertanggung jawab terhadap pembinaan para mitra dalam pengelolaan program dengan menyediakan para tenaga penyuluh lapangan yang diterjunkan langsung kepada para mitra.

 

C. TAHAPAN – TAHAPAN PELAKSANAAN PROGRAM

I. SOSIALISASI PROGRAM

Sosialisasi program dilakukan oleh PT. MULTI SARANA PRAMADITA dan CV. SAHABAT BRILLIANT kepada kelompok – kelompok peternak di daerah – daerah, desa – desa, kampung – kampung dan kelompok masyarakat lainnya.  

 

 

 

 

 

 

 

 

 II. PEMBERKASAN

Setelah tahap sosialisasi, bagi masyarakat yang mengikuti Program Kemandirian Ekonomi Kreatif ini diminta segera menyerahkan data yang dibutuhkan, antara lain :

  1. Foto Copy KTP suami istri
  2. Foto Copy Kartu Keluarga dan Surat Nikah
  3. Pas Foto 4 X 6   4 lembar
  4. Foto Copy Jaminan (Sertifikat)
  5. Foto Copy SPPT
  6. Surat Keterangan Harga Tanah dari Kepala Desa
  7. Surat Keterangan Usaha dari Desa
  8. Surat Ijin Lingkungan 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 III. ANALISA KEMITRAAN

Analisa awal dilakukan oleh PT. MULTI SARANA PRAMADITA dan CV. SAHABAT BRILLIANT untuk dinilai kelayakan para calon mitra dalam mengikuti pragram ini. Hal ini dilakukan untuk menganalisa seberapa kemampuan calon mitra dalam mengelola program tersebut.

Adapun kriteria yang harus dipenuhi bagi calon mitra antara lain :

  • Jujur : Kejujuran dalam program ini merupakan satu hal yang sangat penting, karena kejujuran mitra adalah kunci keberhasilan. Dengan jangkauan yang sangat luas dan jarak pantauan dari kantor perusahaan yang jauh, maka kejujuran dalam penerapan program akan membantu perusahaan dalam mencapai sasarannya. 
  • Disiplin : Dalam hal ini, mitra dituntut disiplin untuk menjalankan program sesuai petunjuk perusahaan. Semisal dalam pemberian pakan untuk ternak dibutuhkan sebuah kedisiplinan sesuai porsi yang dibutuhkan. Karena hal ini sangat mempengaruhi pada tingkat keberhasilan dari pemeliharaan ternak tersebut. Apabila mitra tidak disiplin, maka target pertumbuhan dan pencapaian bobot (untuk penggemukan kambing) atau produktifitas telor (untuk ayam petelor) sangat sulit tercapai.dan hal ini akan berpengaruh dalam pencapaian penghasilan mitra tersebut.
  • Kerja Keras : Selain kejujuran dan kedisiplinan, mitra juga dituntut untuk kerja keras. Karena adanya beban hutang yang harus ditanggung tersebut, maka kerja keras merupakan faktor utama untuk keberhasilan program ini. Angsuran pinjaman yang ditanggung oleh mitra tersebut telah di programkan oleh perusahaan dengan cara mengolah pupuk organik padat yang hasil olahannya dibeli oleh perusahaan. Dari penghasilan pengolahan pupuk itulah yang digunakan untuk mengangsur pinjaman. Dalam hal ini apabila mitra bermalas – malasan maka akan berpengaruh terhadap angsuran pinjamannnya.

Ketiga hal dasar tersebut sebagai penilaian karakter terhadap mitra. Adapun analisa teknik lainnya yang dibutuhkan seperti analisa jaminan (apabila modal mitra dari kredit bank), dan analisa lingkungan yang berkaitan dengan penempatan kandang tersebut. 

Analisa jaminan dijadikan dasar pertimbangan untuk menentukan berapa paket kandang yang akan dibangun untuk mitra tersebut. Karena hal ini dimungkinkan mitra dapat mangambil lebih dari satu paket apabila jaminan mitra tersebut mencukupi.

Adapun analisa lingkungan merupakan dasar untuk mengetahui seberapa responsif lingkungan sekitar kanadang yang akan dibangun. Hal ini akan berpengaruh juga dalam hal keamanan lingkungan sekitar kandang.

 

IV. VERIFIKASI BERKAS OLEH BANK PEMBERI KREDIT

Setelah berkas dianalisa oleh perusahaan dan dinyatakan layak untuk mengikuti program ini, maka berkas-berkas tersebut dimasukan ke bank pemberi kredit untuk dilanjutkan verifikasi. Pada tahapan ini pihak Bank pemberi kredit akan melakukan analisan ulang tentang jaminan dan pengecekan  BI checking. 

Apabila pihak bank telah menyatakan lolos dalam verifikasi lanjutan, maka pihak bank akan memberikan keterangan tentang calon mitra tersebut. Jika hasil verifikasi calon mitra dinyatakan clear and clean, maka perusahaan akan melanjutkan proses program, tapi jika dinyatakan bermasalah terhadap bank, maka pengajuan mitra tersebut akan ditolak.

 

 V. PROSES PEMBANGUNAN KANDANG

Pelaksanaan pembangunan kandang merupakan tanggung jawab PT. MULTI SARANA PRAMADITA dan pihak perusahaan akan menunjuk kontraktor pelaksana dengan pengawasan tetap dilakukan oleh PT. MULTI SARANA PRAMADITA.

Adapun tahapan pelaksanaan pembangunan kandang adalah sebagai berikut :

1)  SURVEY LAHAN

Survay dilakukan untuk mematangkan lokasi dan pengondisian lahan

 2)  PENDIRIAN KANDANG

Setelah proses pabrikasi kandaang yang disetel terlebih dahulu di work shop, maka kandang tersedbut siap untuk dipasang dilahan yang telah ditentukan. Lahan yang dibutuhkan dalam pendirian kandang berukuran 6 X 12 m dengan ukuran bangunan 4,5 X 10,5 m untuk 1 paket kandang dengan kapasitas 30 ekor kambing yang dilengkapi dengan ruang serba guna. Kandang didesai dengan rangka baja, atap galvalum dengan pondasi umpak. Kelengkapan kandang lainnya yaitu penampung air minum kambing yang dilengkapi dengan kran disetiap tempat minum.

 3)  PENGISIAN KAMBING

Setelah kandang dinyatakan jadi 100% oleh perusahaan dengan terlebih dahulu melakukan pengecekan secara detail, maka kandang tersebut dilakukan pembersihan dengan disemprot desinspektan yang bertujuan untuk menghilangkan virus atau bakteri.

Setelah didiamkan 1 hari dari penyemprotan, kambing dimasukan dengan kriteria atau spesifikasi kambing sehat, bebas penyakit kuku, dengan berat badan hidup 17 Kg.

 

4) PROSES PENGOLAHAN PUPUK

Sebagai tambahan pekerjaan untuk para mitra yang penghasilannya digunakan untuk mengangsur kredit dari bank yaitu pengolahan pupuk. Perusahaan menyediakan bahan bakan yang sebagai bahan baku utama adalah kotoran dan rempah-rempah. Kotoran yang dihasilkan dari peternakan mitra tersebut akan dibeli perusahaan. Untuk kotoran dibeli dengan harga Rp. 300,- / kg sedangkan urin kambingnya dibeli Rp. 2.000,- / liter.

Para mitra diajari mengolah pupuk di lingkungan kandang yang telah disediakan dalam kandang tersebut.

5) PROSES APLIKASI PUPUK

 

 

Search

PT Sahabat Brilliant Nusantara

PT Sahabat Brilliant Nusantara merupakan perusahaan nasional yang bergerak di bidang Produksi pakan dan sektor pertanian

PT Multi Sarana Pramadita

PT Multi Sarana Pramadita merupakan perusahaan swasta nasional yang bergerak di bidang Jasa Konstruksi dan Perdagangan Umum

CV Sahabat Brilliant

CV Sahabat Brilliant bergerak di bidang Jasa Konsultan sektor Pertanian dan Peternakan

 

f t g

Our Location

 

 

Management Office :

Jl. Tamansari Majapahit Blok A1 No.02, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

Telp. : (024) 6712155

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. , This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. 

Facebook : sahabat brilliant

PIN BB : 2921DB02

Customer Care : 0813 9396 6055, 0815 5653 2555